Awas! Pelihara Anjing Picu Kanker Payudara

Standar
Headline

Sebuah riset terbaru yang dilakukan para peneliti dari Universitas Munich menyatakan bahwa anjing ternyata bisa meningkatkan risiko kanker payudara pada perempuan. Benarkah?

Seperti dikutip Dailymail, para peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa perempuan pemelihara anjing lebih berisiko menderita kanker payudara dibanding dengan yang memelihara kucing.

Berdasarkan survei para pasien perempuan penderita kanker payudara yang juga merupakan pemilik dan penyayang anjing. Hasilnya 79,7% pasien mengaku selalu melakukan kontak dengan anjing mereka, seperti memeluk, mencium, menggendong, memandikan, dan semua aktivitas perawatan anjing.

Sementara hanya 4,4% pasien yang tidak memiliki hewan peliharaan jenis apapun, sisanya 57,3% adalah pasien yang memiliki anjing namun rutin memeriksakan kesehatan pribadinya.

Menurut para peneliti hal ini disebabkan karena virus kanker dengan tipe yang sama ditemukan pada manusia dan anjing, yakni mouse mammary tumour virus (MMTV), yang merupakan penyebab utama kanker payudara pada tikus, dan memiliki keterkaitan dengan kanker payudara pada manusia.

Teorinya, anjing atau pun binatang peliharaan lainnya bisa jadi media penyebaran virus MMTV yang memicu kanker payudara. Selain itu selama ini anjing merupakan binatang paling banyak dipelihara, bahkan pada sebagian orang bisa jadi ‘sahabat dekat’ mereka.

 

Sumber : Inilah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s