Kopi dan Teh Bisa Bikin Gigi Kusam

Standar

Kopi dan Teh Bisa Bikin Gigi Kusam

Sudah sikat gigi pagi ini? Meskipun rajin menyikat gigi bisa jadi gigi Anda tetap kusam. Banyak minuman yang sering kita konsumsi meninggalkan jejak pada gigi. Menjelang pesta di hari-hari ini sebaiknya kenali minuman yang jadi penyebabnya.

Minuman di bawah ini mungkin tidak hanya kita minum saat pesta, tapi setiap hari. Sebaiknya mulailah berhati-hati karena bisa membuat gigi jadi kusam:

Kopi hitam
Bagian luar gigi memiliki pori-pori. Minuman dengan warna pekat seperti kopi hitam dapatmeninggalkan warna di gigi, sehingga senyum menjadi kurang cemerlang. Alternatif penggantinya kopi susu.

Teh
Ada bermacam-macam teh, namun yang paling mempengaruhi kusamnya warna gigi adalah teh hitam. Kandungan tannin-nya sangat tinggi. Penggantinya, teh hijau, teh putih, dan teh herbal

Wine
Red wine bersifat asam, sehingga bisa mengikis enamel gigi. Menurut penelitian, white wine juga dapat menodai gigi. Orang yang minum white wine kemudian meminum teh akan mengalami kekusaman gigi dua kali lebih parah.Kandungan polyphenol dalam wine berperan dalam pudarnya warna putih gigi. Namun, polyphenol juga berkhasiat mencegah peradangan pada gusi.

Soda
Soda mengandung phosphoric dan citric acid yang dapat mengikis enamel gigi. Kandungan gulanya juga dapat menyebabkan gigi berlubang. Apalagi soda berwarna pekat seperti cola, warnanya bisa menodai gigi. Pilih penggantinya, sparkling water.

Jus cranberry
Warnanya yang pekat dengan mudah membuat gigi menjadi kuning. Rasanya yang asam membuat jus cranberry seringkali ditambah banyak gula, padahal keduanya tidak baik untuk gigi. Alternatif penggantinya, jus buah dengan warna terang, tanpa gula

Minuman berenergi
Sekarang banyak dijual minuman untuk mengganti cairan tubuh, mengandung mineral dan vitamin. Biasanya minuman ini dikonsumsi saat berolahraga. Ternyata di balik semua kelebihannya, minuman berenergi bisa menimbulkan erosi pada gigi karena asam. Minumlah air putih sebagai penggantinya.

Apabila kita tidak dapat menghindari minuman di atas, sebaiknya lakukan hal ini untuk mengurangi dampaknya:

1.Kurangi konsumsi:Jangan sering-sering mengonsumsi minuman di atas agar senyum Anda tetap cemerlang. Batasi konsumsinya, misalnya sebulan sekali.
2.Perhatikan suhu minuman: Minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas dapat membuat gigi berkontraksi. Gigi akan lebih rentan menjadi kusam karena pori-pori gigi menyerap warna minuman.
3.Minum dengan cepat:Jangan biarkan cairan berwarna pekat dan bersifat asam berada di mulut terlalu lama. Minum dengan cepat agar tak sampai mengenai gigi terlalu lama.
4.Minum dengan sedotan: Sedotan membantu gigi terhindar dari noda yang disebabkan oleh minuman.
5.Kumur-kumur dengan air: Segera kumur-kumur dengan air putih untuk membantu membilas noda yang tertinggal dari minuman di atas.
6.Sikat gigi: Setelah minum, kumur dengan air putih. Tunggu 1 jam, lalu sikat gigi. Jika langsung menyikat gigi setelah minum minuman asam, gigi akan lebih mudah terkikis.
7.Kunyah permen karet: Jika tidak sempat menyikat gigi, permen karet bebas gula dapat membantu menyapu kotoran dari gigi.

 

Sumber : Detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s